PRESSURE GAUGE


Pressure gauge yg erratic disebabkan beberapa hal :

  • – Sensing element sdh rusak, misal bourdon tube rusak.
  • – hair spring rusak
  • – gear (lengkapnya : pinion & gear) rusak.

Untuk PG yg bisa di-adjust Zero, Span dan Mid-scale nya spt gambar terlampir. Maka langkah sederhana kalibrasinya sbb :

  1.  PG yg terlampir adalah type front-end access to sensing assy, maka dial-scale harus dilepas utk melakukan kalibrasi. sblm melepas scale tsb, di sisi pinggir DIBERI TANDA utk 0,25,50,75,100%, tujuannya pada saat kalibrasi kita bisa tau titik-titik tsb, ada cara yg lebih mudah utk PG yg sama, yaitu PG yg jelek diambil scale-nya utk kita pakai dan DIGUNTING di bagian-bagian yg menutup baut Span dan baut Mid-scale, kemudian scale itu dipasang lagi, sehingga kita bisa lihat indikasi, pada saat yg sama juga bisa adjust Span & mid-scale.
  2.  Lakukan kalibrasi biasa zero dan span berulang-ulang sampai MENDEKATI ( tidak perlu akurat bener, karena nanti AKAN TERGANGGU LAGI waktu adjust mid-scale. 3. Beri tekanan sebesar mid-scale, jika error hanya kecil, bisa diabaikan (neglectable) maka tidak perlu di-adjust, tinggal bereskan zero & span DGN TELITI . pekerjaan selesai. jika error BESAR pada mid-scale, maka mid-scale harus di-adjust dgn melonggarkan 2 baut yg mengunci THE ROTATING ASSY OF GEAR MECHANIM. kemudian rotating assy digeser-geser agar mid-scale pas. setelah adjustment tsb, maka zero, span harus dicheck ulang.
  3.  lakukan test berulang-ulang utk zero, span, dan mid-scale tsb. sampai sukses.
  4.  kalo meleset terus, maka PG sdh rusak, harus diganti, pekerjaan selesai. RULE OF THUMB ( panduan praktisnya ) sbb : jika gear assy + hair spring dalam kondisi BAGUS, ternyata PG error lebih dari 10% span, maka umumnya sensing tube / bourdon sdh rusak.

Shared By Edy Nirwana

Tinggalkan komentar

Filed under INSTRUMENTASI

Tinggalkan komentar