LEADER LOGIC UNTUK MICROKONTROLER PIC DAN AVR


 PLC yang digunakan adalah Twido dari Schneider. Dalam sesi training tersebut sang trainer bercerita, bahwa ada seorang mahasiswa peserta training yang sedang melakukan Tugas Akhir membuat sebuah otomatisasi sistem. Sang Mahasiswa tersebut menggunakan mikrokontroler sebagai controllernya. Yang menjadi problem adalah sang mahasiswa lebih familiar menggunakan ladder logic ketimbang bahasa assembler (waktu itu masih sedikit buku yang membahas mikrokontroller menggunakan bahasa C atau basic). Akhirnya masalah teratasi dengan sangat cerdik oleh sang mahasiswa. Mahasiswa tersebut membuat logika programnya menggunakan ladder logic, lalu meng-compile-nya menjadi Statement List (STL) atau Instruction List (IL) dimana STL atau IL memiliki konsep mirip seperti assembler, tentunya beda syntax.

Tetapi untuk saat ini,,,,,,,kita tidak perlu repot lagi menerjemahkan logika STL/IL yang kita buat dan mengubahnya menjadi bahasa assembler atau C. Karena sudah ada software yang mengcompile dari Ladder logic untuk kemudian berubah menjadi file dengan extention .hex.Bukankah file dengan extention .hex yang kita download ke mikrokontroller?

Nama software tersebut adalah LDmicro. Dapat dilihat di sini. Pertama kali tau tentang ini, dibahas disebuah buku yang membahas tentang merakit PLC dengan mikrokontroller.

LDmicro hanya dapat diaplikasikan untuk jenis mikrokontroler PIC dan AVR. Kelebihannya adalah, kita mensimulasikan logika ladder yang kita buat terlebih dahulu dan itu artinya,,,,, LDmicro bisa juga digunakan sebagai simulator untuk belajar PLC. minimalnya logikanya dulu ^^

tampilan LDmicro
Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under ELEKTRONIKA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s