BELAJAR PLC ALLEN BRADLEY


Diketahui    : – Judulnya, “Belajar PLC Allen Bradley Yuks…!!!”

 

Ditanyakan : – Kenapa harus Allen Bradley???
Jawaban    :

  1. Belakangan ini lebih sering pake PLC Allen Bradley, terutama SLC500 (tuntutan customer hehehe…)
  2. Yang bahas PLC Siemens S7-300 udah ada. Jagoan PLC Siemens, silahkan klik di sini
  3. Yang bahas PLC Omron juga udah ada. Nah lihat – lihat ke blog yang di sini ya.
  4. Kalo gitu kenapa gak bahas PLC yang lain?? Nah silahkan itu menjadi ladang amal anda-anda untuk membahas PLC lainnya hehehehe……
  5. RSEmulate 500, sekarang tidak bayar a.k.a GRATIS!!!, jadi bisa kita lakukan simulasi.
  6. Bisa juga belajar menggunakan software LogixPro yang sudah ada simulasi plant-nya (lebih seru hehe…)
Kesimpulannya :
Mari kita belajar PLC Allen Bradley. Sebagai dasar mari kita coba PLC Allen Bradley jenis MicroLogix.
Kenapa MicroLogix??kok tidak SLC atau ControlLogix??
ControlLogix menggunakan software RSLogix5000, yg jadi masalah adalah itu softwarenya harus beli. SLC dan MicroLogix menggunakan software yang sama yaitu RSLogix 500. Akan tetapi RSLogix 500 adalah software berbayar alias harus beli juga. Lho,,,,terus gimana dong? tenang Allen Bradley mengeluarkan RSLogix Micro Starter Lite (ada yang satu bundel dengan RSLinx Classic Lite)
Preparing : 
a. Jadi software yang harus disiapkan apa saja?
  1. RSLogix 500 atau RSLogix Micro Starter Lite (pilih salah satu saja), ini gampangnya adalah software untuk membuat logika program.
  2. RSLinx (yang classic Lite juga cukup), gampangnya ini adalah software untuk setting komunikasi antara PLC dengan PC atau PLC dengan PLC
  3. RSEmulate 500, ini adalah sebuah software emulator atau gampangnya semacam soft PLC. Nanti program kita akan di download ke RSEmulate 500 ini.
b. Dimanakah bisa mendapatkan software – software tersebut?
    Di situs Rockwell Automation alias si pembuatnya tentu saja hehehe…..
Baiklah, silahkan men-download terlebih dahulu software yang harus disiapkan ^^

nb: Pada saat Download, downloadlah RSLogix Micro Starter Lite yang satu paket dengan RSLinx Classic Lite

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under ELEKTRONIKA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s