Mengganti Packing Set Pada Control Valve: Bagian 1 (Membongkar Aktuator)


Kalau pada tulisan sebelumnya telah diulas sedikit mengenai soft goods pada control valve, maka pada posting kali ini TeknisiInstrument akan mencoba untuk memberikan gambaran bagaimana cara mengganti salah satu soft goods pada control valve, yaitu Packing Set.

Seperti biasanya, awali pekerjaan dengan Permit to Work, Job Safety Analysis, LOTO dan dokumen lain yang diperlukan agar kita bekerja dengan aman.

Ubah mode control dari control valve  yang bersangkutan ke manual, dan yakinkan ada operator yang menjaga bypass valve, untuk jaga-jaga jika proses menjadi tidak stabil. Lain halnya jika memang sedang shutdown.

Lakukan isolasi, tergantung dari risk matrix-nya, bisa dengan single-block, double-block, double-block-and-bleed, atau apapun, yang jelas, isolasi control valve agar tidak terhubung secara proses. Tapi, di sini TeknisiInstrument tidak sedang membahas isolation, mungkin harus belajar lagi agar memahami apa itu isolation. Mungkin lain kali.

Kembali ke topik.

Setelah control valve terisolasi, buang semua tekanan yang berada di dalam valve, dengan cara membuangnya melalui saluran bleed atau vent atau apapun namanya, agar kita tidak terpapar oleh lepasnya tekanan mendadak yang mungkin bisa menimbulkan hal-hal yang tidak kita inginkan. Ingat, kalau tekanan menerpa sebuah bidang, maka akan menjadi gaya, yang mungkin bisa memukul kita jika kita berada pada line-of-fire… eh.. koq belok lagi topiknya.

Kembali ke topik. Dimulai dari cara melepaskan, masangnya nanti aja.

Biar aman, putus supply tegangan (kabel sinyal 4-20mA, atau kabel loop) dari marshalling cabinet.

Lepaskan tubing signal yang menuju ke aktuator, kemudian ganti dengan air supply yang memakai regulator. Ini berfungsi untuk menggerakkan control valve secara sementara dari regulator.

Naikkan tekanan dari regulator  yang menuju ke actuator tadi pelan-pelan, sampai posisi stem berada pada 50%. Ingat! Tekanan tidak boleh melebihi tekanan maksimum yang tertera pada name plate. Posisi stem dibuat 50% aga plug dari valve bisa longgar keluar dari trim atau cagenya.

Jika aktuatornya cukup besar dan berat, siapkan juga alat angkat atau sling atau apapun namanya agar bisa membantu mengangkat saat melepaskan aktuator.

Lepaskan penghubung stem atau klem stem (stem connector or stem clamp). Ukur dan catat jarak antara stem bagian atas dan stem bagian bawah, untuk referensi saat pemasangan nanti.

Lepaskan mur packing flange.

Longgarkan dan lepaskan baut yang menghubungkan yoke ke bonnet.Angkat aktuator dari body dengan menggunakan sling, jika memang berat.

Buang tekanan udara pelan-pelan dari aktuator.

Lepaskan selang udara sementara yang tadi dipasang ke aktuator.

too be continued….:D

Iklan

3 Komentar

Filed under CALIBRATION

3 responses to “Mengganti Packing Set Pada Control Valve: Bagian 1 (Membongkar Aktuator)

  1. Mengapa apel itu tidak jatuh menyamping atau ke atas, dan kenapa harus selalu jatuh ke arah pusat bumi.

  2. nice blog gan
    kalo berkenan tukeran link yuk

    salam,
    muslimshares
    http://muslimshares.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s