Mengkalibrasi Level Transmitter dengan Remote Seal, Bagian 1: Pendahuluan


Terlepas dari mengapa instrument engineer memilih transmitter yang menggunakan remote seal sebagai sensing line-nya, sebagai teknisi, maka TeknisiInstrument kali ini hanya akan mengupas mengenai cara mengkalibrasi differential transmitter dengan remote seal yang diimplementasikan pada pengukuran level. Sebenarnya bukan bagai mana cara mengkalibrasi secara detil tahap demi tahap (biasanya dengan HART Communicator), yang akan dibahas pada posting kali ini adalah bagaimana menentukan parameter kalibrasi, agar transmitterbekerja pada rentang yang kita inginkan sesuai dengan kondisi proses. Tapi, sebelum pada perhitungan cara menentukan LRV dan URV, mari kita kenali istilahnya terlebih dahulu.

Ada dua istilah yang umum digunakan pada kalibrasi level transmitter dengan differential transmitter:

Zero Suppression

Suppressed Zero diperlukan jika transmitter tekanan gauge atau absolute dipasang di bawahtapping sisi tekanan tingginya (koneksi proses sisi bawah). Jika transmitter dipasang di bawahtapping sisi tekanan tingginya, maka liquid pengisi (fill fluid) pada kapiler menimbulkan tekanan pada sensor transmitter sehingga memberikan bacaan tekanan positif walaupun tangki dalam keadaan kosong.

Zero Elevation

Sebaliknya, Elevated Zero diperlukan jika transmitter tekanan gauge atau absolute dipasang di atas tapping sisi tekanan tingginya (koneksi proses sisi bawah) atau pada aplikasi differentialtransmitter dua seal (sisi low dan sisi high). Pada kasus ini, transmitter membaca tekanan negatif saat tangki dalam keadaan kosong sekalipun. Hal ini disebabkan oleh efek head pressure pada fluida pengisi (fill fluid) pada pipa kapiler remote seal.

Itu aja dulu posting kali ini, pada posting selanjutnya insya Allah akan dibahas cara penghitungan untuk menentukan LRV dan URV pada level transmitter dengan remote seal.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under CALIBRATION, INSTRUMENTASI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s