MENGGUNAKAN VIRTUAL BOX


Siemens logo

Image via Wikipedia

Cerita sedikit ya, sebagai latar belakang penulisan artikel ini ^^

Dahulu saya menginstall software Simatic Manager untuk PLC Siemens S7, di sisi lain saya juga menginstall Protel 99SE SP6 untuk mendesain PCB (jadul amat masih yg 99 he3x..). Akan tetapi kemudian terjadi masalah, Simatic Manager saya jadi tidak dapat digunakan.
Setelah melalui hasil penyelidikan yg melelahkan (karena sampai harus format PC), akhirnya didapat bahwa Simatic Manager jadi tidak berfungsi setelah saya meng-install Protel 99SE SP6 (catatan : hanya protel 99SE SP6 yg waktu itu saya gunakan, bukan yang sudah “berubah” menjadi Althium DXP atau 2009). Kemudian saya coba cari solusinya. Sistem Dual Boot sempat terpikir oleh saya, sampai kemudian saya berkenalan dengan salah satu software untuk virtual komputer.
Kelebihan menggunakan virtual komputer dari pada sistem dual boot diantaranya adalah kita dapat menjalankan dua atau lebih Operating System secara bersamaan. Selain itu, virtual komputer bisa menjadi sarana belajar Operating System lain selain yang kita gunakan. Misal, sebelumnya kita menggunakan “jendela” lalu ingin belajar menggunakan “penguin”, maka virtual komputer menjadi salah satu solusi, tanpa kita harus mengubah seluruh Operating System yang kita gunakan sekarang.
Selain karena adanya “tabrakan” antara dua software yang saya gunakan dan sarana belajar OS lainnya, Virtual komputer juga menjadi salah satu solusi jika ada software kita yang tidak didukung oleh OS yang ada. Misal, RSEmulate500 jika di install di Vista maka fitur “EMU500-1,DH-485” tidak akan muncul, dia akan muncul jika di install di XP (entah jika sudah ada versi terbaru dan bisa), sedangkan karena suatu hal kita tidak dapat mengubah OS yg sudah ada di PC kita.
Terdapat beberapa software untuk virtual komputer, dua diantaranya yang pernah saya gunakan adalah:
  1. VMware Workstation (http://www.vmware.com)
  2. VirtualBox (http://www.virtualbox.org)

Kelebihan paling mencolok dan terhebat dari virtualBox dibanding VMware yaitu virtualBox bisa didapatkan secara GRATIS!!! hehehe…. walau sampai saat ini saya masih suka dengan fasilitas “clone” di VMware dimana saya belum menemukan fasilitas ini di virtualBox.

Baiklah, karena kita lebih suka yang gratisan (hehehehe….) maka di sini kita bahas tentangvirtualBox.

Berikut beberapa tampilan VirtualBox:

  • Tampilan VirtualBox Manager
  • Tampilan window XP di virtualBox sebelum di-full screen 
  • Tampilan window XP di virtualBox setelah di-full screen
  • Silahkan download virtualBox di sini, Lalu install virtualBox tersebut. Langkah berikutnya Insya Allah kita bahas di artikel selanjutnya
Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under ELEKTRONIKA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s