BELAJAR PLC ALLEN BRADLEY (PART 3)


Melanjutkan post sebelumnya, inilah dia bahasan kita berikutnya.
Setelah yang lalu kita membahas tentang cara setting di RSLinx agar bisa berkomunikasi dengan RSEmulate 500, maka kita masuk ke RSLogix Micro Starter dan RS Emulate 500.
Ayo kita mulai:
1. Buka RSLogix Micro Starter Lite




2. Klik “file > New”, akan muncul pop-up windows. Pilih processor, misal MicroLogix 1100 series B. lalu “OK”

3. Akan tampil worksheet. “Klik” pada “Rung 0000”, lalu pilih instruksi. Misal kita membuat sebuah XIC, XIO dan OTE
4. Masukkan alamat input dan output. Ada dua cara atau metoda yang bisa digunakan, “double klik instruksi yang akan dimasukkan alamatnya” lalu “masukkan alamat”. misal untuk XIC kita masukkan “I:0/0” dan OTE kita masukkan “O:0/0”. Cara kedua seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
5. Pada gambar  di atas, ditandai dengan lingkaran merah, terdapat tanda bertuliskan huruf “e”. Itu artinya rung tersebut belum di verifikasi. Untuk melakukan verifikasi klik verifikasi file atau verifikasi project. Untuk lebih jelasnya bisa di lihat di gambar di bawah. 

6. Muncul pertanyaan, itukan jika alamatnya diisi dengan alamat langsung I/O PLC, bagaimana jika ingin memakai memori internal misal alamat “m” seperti di S7?
Di Allen Bradley, alamat-alamat memeri itu terbagi menjadi sebagai berikut :
  • B = Binary / bit
  • T = Timer
  • C = Counter
  • R = Control (saya belum pernah menggunakan alamat R, karena belum tahu untuk apa hehehehehe)
  • N = Integer
  • F = Float/Real
lebih jelasnya lihat windows paling sebelah kiri, pada folder “data file”. Coba kita “double klik” pada B3 – Binary. Akan muncul windows dengan alamat B3:0/0 sampai B3:0/15. Lho kok cuma ada 16 alamat? kalau ingin memakainya lebih bagaimana? lihat langkah-langkah pada gambar

Klik “properties” pada windows B3-Binary, lalu ubah nilai element dari “1” menjadi nilai yang diinginkan. satu element bernilai 16. Contoh, jika diisi “1”, maka alamat B yang tersedia adalah B3:0/0 sampai B3:0/15. Jika diisi “2”, maka alamat dari B3:0/0 – B3:0/15 dan B3:1/0 – B3:1/15. Lalu klik OK





7. Save file yang telah kita buat. Misal saya buat dengan nama “Coba”.
8. Buka RSEmulate 500, lalu klik “File > Open ” pilih file yang kita simpan tadi lalu klik“OK” dan akan muncul pop-up windows. Isikan nomer station (berapa saja, dimulai dari 0 hingga 31), saya disini mengisi dengan “3”, lalu klik “OK. Lebih jelasnya lihat gambar.  Kemudian klik “RUN”


9. Buka RSLinx Classic Lite, pada tree “EMU500-1,DH-485” terlihat station 3 berstatus“Remote Run”
10. Buka RSLogix Micro Starter Lite kembali, lalu pada menu bar pilih “Comms > System Comms…”, akan tampil pop-up windows Communications (seperti tampilan RSLinx). Klik  Station 3 (pada RSEmulate saya mengisi station dengan 3), lalu klik “download” (RSEmulate belum berisi program). Lakukan hal yang sama, hanya saja sekarang bukan “download” tetapi “online”.
11. Lihat kembali RSLogix, pada status ubah dari “Remote Program” (background biasanya berwarna biru) menjadi “Run”. maka RSLogix akan berubah menjadi Remote Run.Sampai step ini, maka RSLogix telah terhubung online dengan RSEmulate500.


12. Lalu bagaimana ingin melakukan simulasi? kan tidak ada input seperti tombol?.Caranya adalah dengan melakukan “force” jika pada alamat input/output dan “toggle bit”jika pada alamat memory B. Cara pertama adalah dengan meng-klik kanan pada alamat yg kita ingin force, lalu pilih “force on”. Cara kedua terlihat pada gambar.
13. Silahkan bereksplorasi sendiri  hehehe…..
Nah sekian dulu pelajaran kita
Insya Allah akan dilanjutkan dengan pembahasan lainnya
note : Mohon maaf jika tulisannya membingungkan, maklum….tidak pandai menulis. Insya Allah jika ditemukan kalimat yang lebih baik dan baku, maka akan di revisi tulisannya. Untuk memperbesar gambar, klik pada gambar
Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under ELEKTRONIKA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s